Apa arti dari hidupku?

Ini adalah pertanyaan yang tiba-tibaterlintas dipikiran saya hari ini.
Setelah menonton video  di TED.com dengan judul  Viviana Alvarez: Don't quit your job, use it for good, jujur saja saya merasa tertampar. Kenapa? Karena selama ini saya memang berfikir bahwa untuk menjadikan suatu pekerjaan bukan sekedar kerja tapi suatu ibadah yang memang ada valuenya sehingga kita tidak merasa seperti robot. Tapi ini masih menjadi sekedar teori buat saya karena pada kenyataannya belum ada aksi yang saya lakukan terhadap value yang ingin saya tambahkan dalam pekerjaan saya. 

Saya sering merasa hilang arah ketika sedang fokus-fokusnya bekerja? Loh kok aneh? Ya memang aneh saat sedang fokus mengejar target pekerjaan yang harus selesai terkadang pertanyaan-pertanyaan ini muncul : 
"Mengapa saya ada di sini?"
"Apa yang sedang saya lakukan?"
"Untuk apa saya melakukan pekerjaan ini?"

Well, dan inipun bukan sekali dua kali tapi sering dan parahnya ini bisa membuat saya terhenti dari melakukan pekerjaan  kemudian browsing-browsing tentang burnout atau bosan dalam bekerja atau sekedar menegok akun linkedin untuk mencari bacaan yang meringankan pikiran. Ini menunda pekerjaan tapi semacam break tapi untuk memompa kembali semangat, menggali lagi motivasi yang tersembunyi.

Nah kembali lagi ke video yang saya tonton, speakernya adalah seorang karyawan di perusahaan Unilever di UK yang memutuskan berhenti bekerja karena ingin menjadi volunteer di Haiti setelah bencana gempa bumi  yang menimpa negara ini. Namun ia tidak jadi berhenti setelah Big Bossnya menelepon dan memberikan saran untuk tidak berhenti dari pekerjaannya tapi membuat pekerjaan yang dilakukannya menjadi projek kebaikan yang bisa dilakukan untuk masyarakat di Haiti. Hal ini menjadi titik balik bagi Vivian sehingga ia bersama ibu dan saudara laki-lakinya kemudian berhasil mendirikan sebuah NGO yang berafiliasi dengan pekerjaannya untuk membantu korban di Haiti. Ini sangat menginspirasi tentunya bagi saya yang masih mencari apa value dari perkerjaan yang saya lakukan.
Dan sampai saat ini saya masih berusaha untuk menemukan jawaban dari "Apa good action yang bisa saya lakukan tanpa harus keluar dari status karyawan? 
Here my journey start!

Comments

Popular Posts